Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Untuk Menemukan Solusi Terbaik

Arief Abdurrahman, ST., M.T - Institus Teknolgi Sepuluh November sebagai narasumber dan pembicara.

Tidak semua pemuda pemudi Indonesia dapat melanjutkan ke pendidikan mahasiswa. Tentunya di didasari dengan kemauan dan dukungan orang tua. 

Maslow theory dapat dijalankan dengan aktualisasi, dengan cara meningkatkan kompetensi dan pendidikan. Memerlukan karya dan kontribusi, standar, kode etik, dan norma.

Insan elektual sepatutnya menjadi aktor utama dalam memberikan solusi nyata di tengah masyarakat Indonesia dan global. Tidak bisa diam saja dan harus melakukan aksi. 

Tantangan global yang perlu kita identifikasi seperti; Ekosistem daratan, kemutraan ilmiah, masalah bencana alam, korupsi, masalah judi online, literasi rendah masyarakat, terorisme, bahasa daerah, 3 kekerasan di lingkup pendidikan (bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi). 

Kita perlu critical thinking. Enhances creativity - improvement relationship - broad range of cognitive learning - key to career success - lifetime skill.

Tiga komunikatifitas; motivasi, kreatifitas, skil kreativitas berpikir, dan kritis. 

Tahap berpikir kreatif: identifikasi dan kembangkan kemampuan diri - identifikasi, validasi dan evaluasi segala informasi yang diperoleh - bandingan antara fakta dan kebenaran yang ada - analis melalui klasifikasi - dari ide dan solusi terhadap permasalahan. 

Kita harus menjadi orang yang dapat memecahkan masalah, salam lingkup lingkungan ataupun lebih. Pastinya diawali dengan niat. Memerlukan motivasi, tepatkan anda dalam hal yang positif, dan jauhi pikiran menyepelekan masalah yang kita temui.


Website UNUSA : https://unusa.ac.id/

Lihat juga blog teman saya Maharani

Social Media :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MY HOLIDAY

Proses Pelayanan Kesehatan

Unusa Career Center