Indonesia Emas (mandiri dan bersatu dalam nilai gotong royong yang berintegritas)


Diah Satyani Esminarsih, M.Sc sebagai narasumber dan pemberi materi.

"Equality doesn't mean Equity" adalah motto untuk kesetaraan atau keberadilan. Berhubungan dengan kualitas kita sebagai mahasiswa pembangun Indonesia. Kita harus memiliki cita cita yang luhur untuk menjadi pribadi yang unggul. 

Seluruh dunia terhubung, sama dengan Indonesia dengan dunia, Keberhasilan maupun kegagalan di Indonesia memengaruhi negara lain di ASEAN maupun luar ASEAN. 

Dalam bidang kesehatan, Indonesia memberlakukan BPJS sebagai salah satu usaha negara untuk menanggulangi kegawat daruratan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Indonesia ada di bawah dalam hal kesehatan dalam ASEAN. 

Dalam bidang ekonomi, seperti contohnya cafe yang bagus di depan, sedangkan di belakang adalah pemukiman kumuh, adalah contoh ketidaksetaraan. Hal tersebut pun berpengaruh pada kesehatan.

Penyebaran listrik yang belum merata di Indonesia. Listrik dan air bersih sangat berpengaruh pada masalah pembangunan yang harus di selesaikan. 

Di Indonesia, hasil riset kesehatan dasar 2018 menunjukkan preferensi penyakit tidak menular meningkat jika dibandingkan dengan Riskesdas 2013. Karena prevalensi penyakit tidak menular berhubungan dengan pola hidup antara lain merokok, mengonsumsi alkohol, kurang aktivitas fisik, serta konsumsi buah dan sayur. 

Sebagai generasi muda kita harus menjadi pelopor generasi emas. Mulai meninggalkan kebiasann buruk. Kita bisa sehat jika secara individu kita merawat diri sendiri yang dibangun secara bersama dengan pemerintah agar jika berhasil akan ada tempat lebih baik lagi dari puskesmas.

Sebagai orang muda kita bisa mengikuti Youth yang diselenggaran oleh WHO di kalangan global. Di dalam negeri, kita sebagai mahasiswa harus ada aksi, maka berpotensi untuk menjadi tulang punggung untuk Indonesia emas. 

Cisdi bergerak bersama dengan para aktor pemuda supaya dapat membangun dan mengembangkan jejaring luas. Peran pemuda sangat dibutuhkan untuk peta pembangunan kesehatn global Indonesia. Bisa berkompetisi dengan negara lain dalam hal kesehatan.

Website UNUSA : https://unusa.ac.id/

Lihat juga blog teman saya Maharani

Social Media :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MY HOLIDAY

Proses Pelayanan Kesehatan

Unusa Career Center